top of page
  • kakakabrow

Efek Musik Bagi Mental dan Emosi Pendengarnya

Efek menguntungkan dari musik pada kesehatan mental telah dikenal selama ribuan tahun. Para filosof kuno Plato kepada Konfusius dan raja-raja Israel memuji musik dan menggunakannya untuk menghilangkan stres. Band militer menggunakan musik untuk membangun kepercayaan dan keberanian. Acara olahraga menyediakan musik untuk membangkitkan antusiasme. Anak-anak sekolah menggunakan musik untuk menghafal ABC mereka. Pusat perbelanjaan mereproduksi musik untuk menarik konsumen dan menyimpannya di toko. Dokter gigi memutar musik untuk membantu menenangkan pasien yang gelisah. Penelitian modern mendukung kebijaksanaan konvensional bahwa musik bermanfaat bagi suasana hati dan kepercayaan diri.




Karena pengalaman unik kami, kami mengembangkan selera dan preferensi musik yang berbeda. Terlepas dari perbedaan-perbedaan ini, ada beberapa tanggapan umum terhadap musik. Bayi menyukai lagu pengantar tidur. Nyanyian ibu sangat menenangkan, terlepas dari bakat musik formal atau pelatihan seorang ibu. Jenis musik tertentu membuat hampir semua orang merasa lebih buruk, bahkan ketika seseorang mengatakan mereka menikmatinya; Dalam sebuah penelitian terhadap 144 orang dewasa dan remaja yang mendengarkan 4 jenis musik yang berbeda, musik grunge menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam permusuhan, kesedihan, ketegangan dan kelelahan di seluruh kelompok, bahkan di kalangan remaja yang mengatakan mereka menyukainya. Dalam studi lain, mahasiswa melaporkan bahwa musik pop, rock, oldies, dan musik klasik membantu mereka merasa lebih bahagia dan lebih optimis, ramah, santai dan tenang.



Perhatian dan pembelajaran


Setiap orang yang telah belajar ABC mereka tahu bahwa lebih mudah untuk menghafal daftar jika sudah diatur untuk musik. Penelitian ilmiah mendukung pengalaman umum yang menggabungkan musik dengan ritme dan pembelajaran dan pemulihan peningkatan nada. Musik membantu anak-anak dan remaja dengan masalah perhatian dalam beberapa cara. Pertama, dapat digunakan sebagai hadiah untuk perilaku yang diinginkan. Misalnya, dengan membayar 10 menit pekerjaan rumah, seorang anak dapat diberi hadiah dengan kesempatan untuk mendengarkan musik selama 5 menit. Kedua, dapat digunakan untuk membantu meningkatkan perhatian dalam tugas-tugas akademis yang "membosankan" seperti menghafal, penggunaan lagu, ritme, dan gerakan dansa untuk meningkatkan minat daftar untuk dihafal. Musik instrumental Barok sangat ideal untuk meningkatkan perhatian dan penalaran. Bagi siswa, memainkan musik latar bukanlah gangguan. Ketiga, sinyal musik dapat digunakan untuk membantu mengatur kegiatan: satu jenis musik untuk satu kegiatan (belajar), yang lain untuk berbagai kegiatan (makan) dan jenis ketiga untuk tidur. Keempat, tunjukkan studi bahwa musik yang tenang dapat mempromosikan perilaku pro-sosial dan mengurangi perilaku impulsif.



Kecemasan



Banyak orang menemukan musik keluarga menghibur dan menyejukkan. Faktanya, musik efektif dalam mengurangi kecemasan; Ini sering digunakan dalam pengaturan gigi, pra operasi dan radioterapi untuk membantu pasien dengan kekhawatiran mereka tentang prosedur. Musik membantu mengurangi kecemasan pada orang tua, ibu baru dan juga anak-anak. Kemampuan musik untuk berbicara diilustrasikan dalam lirik Rogers dan Hammerstein.


Semua jenis musik yang santai dan tenang dapat berkontribusi untuk suasana hati yang lebih tenang. Musik yang menenangkan dapat dikombinasikan dengan terapi kognitif untuk mengurangi kejadian kecemasan lebih efektif daripada terapi konvensional saja.


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik yang dirancang khusus, seperti musik yang secara sengaja menginduksi binaural beats untuk memasukkan gelombang otak ke dalam ritme delta atau theta yang santai, dapat membantu meningkatkan gejala pada pasien bahkan lebih daripada musik tanpa nada ini; mendengarkan musik ini tanpa gangguan lain (tidak saat mengemudi, memasak, berbicara atau membaca) mempromosikan manfaat terbaik.


Suasana hati


Analisis 5 studi tentang musik untuk depresi, tetapi sebenarnya membantu meningkatkan suasana hati Anda. Musik telah terbukti bermanfaat dalam membantu pasien dengan kondisi medis serius, seperti kanker, luka bakar dan multiple sclerosis, yang juga mengalami depresi. Jika Anda dapat membantu dalam situasi ini, itu dapat membantu Anda mengalami suasana hati yang lebih positif.


Tidur



Banyak orang mendengarkan musik lembut untuk membantu mereka tertidur. Praktek ini didukung oleh studi dalam berbagai pengaturan. Coba saja dengarkan musik dansa atau tidak sebelum Anda mencoba tertidur. Sebaliknya, jika Anda mencoba untuk bangun di pagi hari, pilihlah musik yang bergerak cepat alih-alih lagu pengantar tidur.

12 views0 comments
bottom of page