top of page
  • kakakabrow

Pemain Piano Klasik Terkenal Terbaik Sepanjang Sejarah

Menjadi pemain piano klasik terbaik di dunia tentu menjadi impian semua pianis. Sejak instrumen piano pertama kali ditemukan, yaitu sekitar 500 tahun yang lalu, sampai sekarang banyak pianis andal telah mampu memainkan kunci piano dengan ritme dan nada yang khas. Beberapa pianis yang akan ditinjau pada kesempatan ini adalah mereka yang telah berhasil mengembangkan bakat sehingga nama mereka terkenal dan bahkan dicatat di dunia musik sebagai pianis terbaik sepanjang masa. Siapa mereka?




Alfred Denis Cortot



Terlepas dari Arturo Benedetti Michelangeli, gelar pemain piano klasik terbaik di dunia pada abad ke-20 juga dipegang oleh Alfred Denis Cortot. Pria kelahiran Nyon, Vaud, mulai dikenal sebagai pianis yang andal karena rekaman permainan pianonya luar biasa dengan berbagai variasi dari komposer terkenal dunia seperti Liszt, Chopin, Brahms, dan sebagainya.


Salah satu fitur unik yang dimiliki Alfred ketika ia memainkan piano klasik adalah variasi yang ia ciptakan sendiri yang menghasilkan nada yang unik dan istimewa. Di sinilah namanya dikenal oleh dunia sebagai pemain piano klasik berbakat.



Walter Wilhelm Gieseking


Ia dilahirkan di Lyon, Prancis, dalam keluarga dokter. Pertama kali Gieseking bermain piano adalah ketika dia otodidak 4 tahun. Dari tahun 1911 hingga 1916, ia memutuskan untuk belajar di Hanover Conservatory. Di sinilah bakat musik semakin banyak muncul.


Penampilan pertama Gieseking ketika bermain piano adalah pada tahun 1915. Penampilannya pada waktu itu berhasil menghipnotis penonton karena nada piano yang ia ciptakan sangat merdu dan emosional. Kabarnya, Walter Wilhelm Gieseking tidak pernah berlatih bermain piano. Dia hanya menghabiskan waktu duduk diam sambil memainkan lagu di benaknya. Tetapi semua karya otodidak telah fenomenal hingga saat ini.



Franz Liszt



Tidak hanya terkenal sebagai pianis, Franz Liszt juga dikenal sebagai komposer dan guru musik terbaik di abad ke-19. Karya-karya Liszt di dunia musik begitu banyak sehingga mereka membuat namanya lebih besar. Setidaknya ada sekitar 700 komposisi musik yang ia ciptakan. Tidak hanya itu, Liszt juga memperkenalkan bentuk musik baru di era Romantisme. Tidak heran dia menjadi salah satu pianis terhebat dalam sejarah.



Wolfgang Amadeus Mozart


Siapa yang tidak pernah mendengar nama Mozart? Ya, pria yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozard ini adalah seorang komposer dan pemain piano klasik terbaik di dunia. Dia adalah salah satu komponis di zaman Eropa klasik yang namanya paling terkenal dalam sejarah.


Karya-karya Mozart tidak kurang dari 700 lagu, termasuk komposisi yang telah diakui sebagai puncak simfoni, piano, opera dan musik paduan suara. Jika Anda suka mendengarkan lagu-lagu klasik, Anda harus terbiasa dengan karya-karya Mozart seperti Die Zauberflote dan opera Don Giovanni.


Mozart juga dikenal sebagai pianis paling jenius karena ia mulai bermain piano pada usia 3 dan melihat penguasaan instrumen ini pada usia 5 tahun. Bahkan di usia yang sangat muda, Mozart telah mengadakan konser dengan karya-karya yang dibuatnya.



Arturo Beneditti Michelangeli



Seorang pria yang lahir di Brescia, Italia, ini adalah salah satu pianis terbaik abad ke-20. Arturo mulai menyukai musik dan mempelajari berbagai alat musik sejak ia berusia 3 tahun. Pada awalnya, instrumen yang dia sukai adalah biola sampai dia tertarik bermain piano karena dia pikir piano bisa memancarkan nada yang sangat emosional.


Pada usia 10 tahun, ia telah memasuki Konservatori Milan. 8 tahun kemudian, Arturo Beneditti Michelangeli memulai karir internasionalnya dengan berpartisipasi dalam Ysaye International di Belgia. Saat itu, ia mendapat posisi ketujuh di antara musisi hebat lainnya. Setahun kemudian, ketika dia berusia 19 tahun, dia memenangkan tempat pertama dalam kompetisi musik internasional yang diadakan di Jenewa. Dari sini nama tersebut menjadi dikenal dan menjadi salah satu pianis klasik terbaik.


Berikut adalah beberapa daftar pemain piano klasik terbaik di dunia yang karyanya sangat terkenal dan berharga saat ini.

65 views0 comments
bottom of page